Tombak Pusaka Mayabumi Biring Lanang Pamor Wos Wutah Kalacakra Tangguh Mataram Abad 16 ,JST-36

Keris dijual keris dimaharkan tombak pusaka


(Termahar Bp.AM Tenggarong)


Kode Pusaka : JST-36
Jenis Pusaka : Tombak Lurus
Dhapur : Biring Lanang
Pamor : Beras Wutah , Kalacakra Tiban
Tangguh : Mataram Abad 18
Sertifikasi : Museum Pusaka TMII No : 500//VIII/2017
Asal-usul Pusaka : Kolektor Jakarta
Keterangan Lain : 27 cm, P. Pesi 12 cm

 

BIRING LANANG
nama lainnya dalah Biring Jaler dimana dhapur tombak ini mempunyai arti atau konotasi yang sadis. Nama sesungguhnya adalah Biring ing Palanangan, dari asal kata biri artinya kebiri (dikebiri), ing artinya untuk atau pada, sedangkan palanangan berarti kemaluan laki-laki. Jadi artinya adalah tombak sebagai senjata untuk mengebiri kemaluan laki-laki. Orang barangkali tidak mau menyebutnya panjang-panjang kata sadis itu, hanya biasa menyebut Biring Lanang atau Biring Jaler, supaya tidak terasa vulgar, maka kata tersebut diperhalus.
Tombak Biring Lanang ini biasanya bilahnya berbadan kekar, kuat dan tajam. Bagian kepet pada sor-soran berbentuk lengkung ke atas, walaupun sederhana berbentuk indah, namun dibalik keluwesannya tombak ini sesungguhnya memang sebagai senjata yang diperuntukkan untuk berperang. Auranya biasanya bersifat panas, dipercaya apabila orang membawa tombak dhapur ini menjadi orang pemberani dan tidak takut untuk mati. Cocok bila dahulu dipakai untuk para Panglima Perang dan Senopati.

PAMOR KALACAKRA
Merupakan salah satu gambaran pamor yang bentuknya berupa garis silang seperti huruf X. Ujung-ujung garis silang sebelah atas sampai menyentuh tepi bilah. Pamor yang mengambil nama rajah ini selalu menempati bagian sor-soran sebilah keris atau tombak. Tergolong pamor langka. Untuk penguasaan wilayah, kekuasaan dan kewibawaan serta kepemimpinan. Baik dipakai oleh pemimpin masyarakat. Ada faktor penolak bala dan guna-guna. Terdapat pada bagian methuk dan pangkal pesi dengan warna yang berbeda. Kalacakra pada methuk berwarna putih pamor sedangkan pada pangkal pesi berwarna hitam, sungguh paduan yang serasi dan unik yang tentu saja menambah kekuatan aura tombak ini.

Dimaharkan bagi yang merasa perlu dan cocok, kondisi sesuai dengan detail dan deskripsi diatas.

 

link video youtube tombak: https://youtu.be/9pkD8pmmkjw

 

Salam Hormat,

JST

0838 0808 3888

 

 

Keris dijual keris dimaharkan tombak pusaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *