Keris Pusaka Mayabumi Sombro Pejetan Tangguh Pajajaran Abad 12 , JST-51

Keris Sombro, Sombro Pajajaran, Mpu Sombro, Keris Tindih


Mahar : Rp.2.888.000,-


 Dimaharkan Pusaka

– Kode Pusaka : JST-51
– Jenis Pusaka : Keris Lurus
– Dhapur : Sombro
– Pamor : Nggajih
– Tangguh : Pajajaran Abad 12
– Sertifikasi : Museum Pusaka TMII No : 301/MP.TMII/IV/2018
– Asal-usul Pusaka : Yogyakarta
– Keterangan Lain : Warangka Sandang Walikat, Handle Lawasan Narada Kanda, Pesi Ceblokan Lawas
– Wuku : Semua

KERIS TINDIH
sebutan bagi keris yang dianggap mempunyai tuah yang baik bagi para kolektor tosan aji. Di kalangan para koletor tosan aji, sering ada anggapan bahwa diantara keris koleksinya mungkin ada yang tidak cocok dengan dirinya atau mempunyai pengaruh (tuah) kurang baik. Walau demikian, ia merasa sayang untuk melarung atau memaharkan. Untuk menetralkan atau menangkal pengaruh negatif atau kurang baik dari keris-keris tersebut, biasanya para kolektor memiliki apa yang dinamakan keris tindih. Keris ini dipercaya mempunyai kekuatan yang dapat meredam segala pengaruh buruk dari keris lain yang ditakutkan berimbas negatif, baik bagi pemiliknya maupun keluarga sekitarnya. Dengan memiliki satu atau beberapa buah keris tindih, dipercayai akan memberikan ruang nyaman dan sisi yang lebih aman bagi sang pemilik.
.
Keris-keris yang diangap sebagai keristindihpada umumnya adalah tangguh tua, kebanyakan sebelum jaman Majapahit, tetapi dhapur keris tidak mutlak dijadikan pertimbangan untuk menentukan apakah sebilah keris dapat dianggap sebagai keristindih atau tidak, karena dhapur Tilam Upih pun jika diyakini itu benar-benar Tangguh Sepuh, layak dianggap sebagai keristindih.
.
Keris Sombro
Dalam catatan sejarah yang sangat terbatas, kita mengenal nama Sombro adalah nama seorang empu keris wanita yang konon berasal dari wilayah Pajajaran, putri Kyai Manca, seorang Mpu senior di kerajaan Pajajaran. Konon ciri khas keris buatan beliau selalu berbilah tipis, pendek dengan besi matang tempa, memiliki bekas pejetan jari di bagian wilahnya. Meski tidak semua keris dengan bentuk pejetan adalah buatan Ni Mbok Sombro, dan juga tidak semua keris bentuk sombro ada pejetan, tapi sudah terlanjur di masyarakat keris semacam ini di sebut sebagai keris Sombro.
.
Keris dengan jenis sombro ini sering dihubung-hubungkan dengan wacana mistis dan sangat diminati tuahnya yang sering di sebut dapat menetralkan aura pusaka lain yang bersifat ganas atau tidak sejiwa dengan pemiliknya. Hal tersebut semisal: keris Sombro dipercaya sebagai pasangan dari keris Umyang Jimbe, sehingga para kolektor dan pecinta pusaka dari dalam dan luar negeri yang memiliki pusaka simpanan tak segan-segan berburu keris dengan dapur yang satu ini, meskipun harus rela sampai berburu ke berbagai daerah. Selain itu keris buatan Ni Mbok Sombro sering ditonjolkan sebagai keris yang mewakili kesuburan, kemakmuran dan harapan akan kedamaian.
.
PESI CEBLOKAN
atau dikenal jugapesigapit ceblokanberasal dari kataceblok, yang kemudian menjadiceblokan. Articeblokdalam bahasa jawa adalah jatuh. Pesi yang mudah lepas atau jatuh. Agak susah memang untuk merunut apa yang menjadi latar belakang pembuatan pesi dengan modelceblokan, apakah karena dari asalnya sudah sengaja diciptakan bseperti ini, atau pesi sebelumnya sudah benar-benarpugutdan tidak bisa untuk di-srumbunglagi, sehingga teknik pemasangan pesi mengharuskan seperti di-jojohdan di-gapitsupaya kuat. Yang jelas pada keris-keris tangguh tua seperti majapahit, pajajaran, cirebon sepuh dan beberapa mataram, sering diketemukan teknik membuat keris dengan pesi yang terpisah kemudian dijepit oleh bilahnya. Hal ini diperhitungkan ketika dalam penempaan membuat kodokan sang Empu tidak seperti normalnya membuat pesi menyatu atau menyambung dengan bilahnya, tetapi pesinya justru diambilkan dari kodokan landepan (bagian ujung) atau bisa jenis besi lain. Tujuannyauntuk meningkatkan dayaastraldari Pusaka, dimana kekuatan ditimbulkan dari rentang magnetik ujung dan pangkal yang saling tarik menarik, karena berasal dari satu bagiannya.
.
Banyak mitos mengiringi seputar pesi ceblokan ini. Mitos yang lain berhubungan denganpesi kurung(karena sesuatu hal pesi ini terpisah dengan bilahnya dan terkurung dalam hulu keris). Pesi kurung yang palingndayaniadalah yang terjadi karena pesi ceblokan yang lepas. Ibarat memang sudah waktunya sang pesi harus terpisah dan terlepas dari bilahnya. Pesi ceblokan yang menjadi pesi kurung banyak diburu dan dipercaya membawa sang pemiliknya menjadi kaya dan jaya.
.

Jaya Sugih Tentrem

www.mayabumi.com

0838-0808-3888

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *